gp-channel

Investasi Masa Depan Bangsa.

Monday, September 25, 2017

Import soal microsoft word dengan bantuan examview di bank soal moodle

Kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara import soal dari file microsoft word dengan bantuan applikasi examview. Exam view merupakan perangakat lunak quiz creator yang sering digunakan untuk mempermudah seseorang dalam membuat quiz atau ujian ujian yang berbasis komputer, disini dapat kita implementasikan pada cms moodle yang mana moodle itu sendiri cms yang cukup populer baik untuk membuat kelas maya atau sering juga di implementasikan dalam sebuah sistem elearning di dunia pendidikan. Langsung saja di sini akan kami contohkan bagaimana cara import file dari microsoft word ke dalam bank soal cms moodle.
Langkah pertama : 
Dari berbagai pengalaman saya dalam berbagai hal mengelola quiz , suatu saat saya menemukan kasus dimana saya harus melakukan entry soal kedalam bank soal disini saya menggunakan moodle. orang awa kadang tidak memperdulikan betapa ribetnya entry soal ke dalam moodle. suatu saat saya menerima beberapa setoran soal dengan format word yang mana biasanya teman teman kita lebih suka setor soal dalam bentuk microsoft word dari pada menggunakan quiz creator seperti examview, hotpotatoes atau applikasi creator quiz yang lain. Nah dari sini saya harus memutar otak bagaimana supaya soal soal yang menggunakan file microsoft word tadi langsung bisa kita import ke dalam bank soal moodle tanpa banyak melakuka perubahan file word itu sendiri. Dari sinilah menemukan cara yang sangat sangat cepat yang bisa kalian terapkan sendiri tanpa harus melakukan entry soal satu persatu dalam examview.
Caranya adalah :
  1. Simpan ulang file dokumen microsoft word yang sudah ada dalam format *.rtf
  2. Copy file *.rtf kedala bank soal examview
  3. import kedalam examview utility.
  4. simpan file menjadi bank soal examview
  5. export file soal dari bank soal examview menjadi format file blackbord
  6. Kemudian masuk bank soal moodle dan lakukan import file blackbord yang sudah kaliab buat .
  7. selesai dan selamat mencoba
Applikasi : Download ExamView

Lebih lengkapnya bagaimana cara melakukan  Import soal microsoft word dengan bantuan examview di bank soal moodle silahkan tonton video berikut dan jangan lupa subscribe.



Sekian tutorial singkat ini semoga bermanfaat. Jangan Lupa Subscribe

11 comments:

  1. Mas.. format di ketikan wordnya gimana ya mas? Kok soal utk matematika susah di convert.. keseringan error... import aborted..

    ReplyDelete
  2. Sebaiknya kalau menggunakan soal matematika langsung di buat saja di Exam View , menggunakan cara tersebut di atas hanya menangani kalau memang benar benar terpaksa harus convert dari word.

    ReplyDelete
  3. untuk pembuatan soal di word kunci jawaban harus jg diketik ya...misal kunci jawabannya A, mk cr penulisan d akhir d ketik ANS a....Mhn pencerahannya!

    ReplyDelete
  4. mas apa boleh minta file rtf yang sukses anda import? biar menjadi rujukan format awal buat kami

    ReplyDelete
  5. Bagaimana dg soal bahasa jepang,,,huruf kana tdk bisa terbaca,,,
    Mohon pencerahan,,,

    ReplyDelete
  6. Reading kimia.rtf
    ERROR: RTF paste failed (error = -4).

    Import aborted.

    kalau kaya gini gimana mas

    ReplyDelete